Jumat, 22 Juni 2012

Membaca dan Manfaatnya

“Membaca adalah hal yang paling membosankan”. Benarkah itu?
Membaca bukanlah hobi sebagaimana anggapan orang. Diantara lemahnya perkataan yaitu seseorang ketika ditanya apa hobinya, dia menjawab bahwa hobinya adalah membaca. Benarkah itu dan membaca apakah itu? Nanti dulu ..... J J J
Sesungguhnya membaca itu cara hidup, pelengkap, kebutuhan primer dan yang paling penting bagi siapa yang ingin menjadi penerang sinar dan cahaya, serta pemimpin yang berpengaruh di dalam kehidupan.
Ada kalanya orang hobi membaca komik, majalah, novel, cerpen, puisi, dan masih banyak yang lain. Apapun yang dibaca, yang jelas hobi sudah membaca.
Banyak hal yang dapat kita baca, alam ini merupakan ayat (tulisan atau kalam) dari Allah SWT untuk dibaca (dipelajari) bagi manusia. Begitu pentingnya membaca. Apalagi bagi umat Islam. Allah SWT dalam Firman pertamanya telah jelas memerintahkan kepada manusia untuk membaca. Yakni dalam Al-Qur’an Surat Al ‘Alaq ayat 1-5, yang terjemahan Bahasa Indonesia-nya kurang lebih sebagai berikut:

1.  Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
2.  Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3.  Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
4.  Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],
5.  Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
(Q.S. Al ‘Alaq: 1-5)

Begitu pentingnya kegiatan membaca sehingga kita seharusnya memiliki minat yang tinggi terhadap kegiatan membaca. Ketertarikan terhadap membaca bukanlah suatu hal yang dapat tumbuh seketika tetapi merupakan proses yang membutuhkan waktu dan latihan yang kontinyu. Oleh karena itu minat baca seharusnya ditumbuhkan sejak anak masih kecil. Bahkan sebenarnya minat baca dapat dipupuk mulai sang anak masih di dalam kandungan. Banyak ibu yang 'mengajak' janinnya membaca dengan membacakan cerita apa saja seperti cerita nabi atau cerita sahabat nabi.
Kini, banyak orang tua yang sudah mulai menyadari pentingnya menumbuhkan minat baca pada anak. Kegiatan ini biasanya dimulai pada fase usia prasekolah. Masa ini merupakan fase yang sangat penting dan serius karena merupakan fase dasar dan pembinaan yang menjadi bekal untuk fase-fase kehidupan anak berikutnya.
Membaca buku, koran, majalah atau dari media yang lain, akan melatih otak kita untuk memusatkan pikiran. Otak kita diajak untuk memperhatikan kata demi kata yang ada pada teks tersebut. Karena kalau kita kehilangan bebeapa kata saja, bisa jadi kita tidak akan bisa menangkap keseluruhan maksud dari kalimat yang ada. Kalimat-kalimat yang menarik akan merangsang saraf otak kita untuk bekerja dan mengamati hal menarik tersebut.
Ada penelitian yang membuktikan bahwa membaca buku bisa mencegah kita dari penyakit pikun. Mungkin karena kita selalu diajak berpikir ketika kita membaca, sehingga otak kita bisa tetap aktif.
Berikut beberapa manfaat dari membaca: 
1.      Membaca dapat menghilangkan kecemasan dan kegundahan, 
2.      Ketika sibuk membaca, seseorang terhalang masuk ke dalam kebodohan, 
3.      Kebiasaan membaca membuat orang terlalu sibuk untuk bisa berhubungan dengan 
      orang-orang malas dan tidak mau bekerja, 
4.      Dengan sering membaca, seseorang bisa mengembangkan keluwesan dan kefasihan dalam 
      bertutur kata, 
5.      Membaca membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir, 
6.      Membaca meningkatkan pengetahuan seseorang dan mengingkatkan memori dalam 
      pemahaman, 
7.      Dengan sering membaca seseorang dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain, 
      seperti mencontoh kearifan orang bijaksana dan kecerdasan para sarjana, 
8.      Dengan sering membaca, seseorang dapat mengembangkan kemampuannya, baik untuk 
     mendapat dan memproses ilmu pengetahuan maupun untuk mempelajari berbagai disiplin 
     ilmu dan aplikasinya di dalam hidup, 
9.      Keyakinan seseorang akan bertambah ketika dia membaca buku-buku yang bermanfaat, 
     terutama buku-buku yang ditulis oleh penuli-penulis muslim yang saleh. buku itu adalah 
     penyampai ceramah terbaik dan ia mempunyai pengaruh kuat untuk menuntun seseorang 
     menuju kebaikan dan menjauhkannya dari kejahatan, 
10.   Membaca membantu seseorang untuk menyegarkan pikirannya dari keruwetan dan 
      menyelamatkan waktunya gara tidak sia-sia, dengan sering membaca, seseorang bisa 
      menguasai banyak kata dan mempelajari berbagai model kalimat, 
11.   Lebih lanjut lagi, ia bisa meningkatkan kemampuannya untuk menyerap konsep dan untuk 
      memahami apa yang tertulis di antara baris demi baris (memahami apa yang tersirat).

Banyak manfaat yang didapat dengan membaca, mulai sekarang mulailah membaca kawan. Meningkatkan kemampuan membaca memang tidaklah mudah seperti halnya mendengarkan dan menghitung. Ada beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca. Langkah-langkah ini bersumber dari situs yang dibina oleh Asy Syaikh Alawy Abdul Qodir As Saqof hafidzahullah.

Berikut ini sepuluh langkah tersebut:
1. Bukan suatu hal yang penting anda menjadi pembaca yang cepat untuk mendapatkan manfaat.
Beberapa orang membaca dengan kecepatan yang tinggi, lainnya dengan kecepatan sedang, dan yang lain dengan kecepatan lambat untuk memperoleh setiap keterangan. Kecepatan sebenarnya tidak terlalu penting. Akan tetapi yang penting adalah memperoleh manfaat yang anda inginkan dan kehendaki dari membaca buku, makalah atau majalah.
2. Ketahuilah: Mengapa anda membaca? 
   Anda wajib mengetahui tujuan sebelum membaca. Dan yang menjadi landasannya adalah dengan memilih buku-buku yang anda baca dengan pemahaman dan pengetahuan.Apakah anda membaca untuk   hiburan dan kesenangan? Ataukah anda membaca untuk belajar yang berkelanjutan yang meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan anda, pandangan hidup, hikmah atas sesuatu, pembangunan dan pembentukan kepribadian anda yang terdidik , kepemimpinan dan pemikiran sehingga anda bisa menjadi orang yang berpengaruh di lingkungan dan masyarakat sekitar anda?
3. Anda tidak perlu membaca segala hal. 
    Setiap buku, majalah, atau email tidaklah perlu dibaca secara lengkap. Umumnya majalah, email sebenarnya tidak mengandung sesuatu yang dapat memberi manfaat. Untuk itu hal yang penting adalah anda putuskan apa yang dibaca, dan waktu yang akan dihabiskan dalam membaca. Pilihlah buku yang sesuai dengan keahlian, kepentingan, dan bidang anda yang ingin anda tonjolkan.
4. Bukan hal yang penting anda membaca buku atau segala sesuatu yang ada di tangan anda. 
    Apakah anda membaca setiap tulisan di majalah yang ada di hadapan anda? Dan apakah anda membaca setiap bagian dan bab dalam buku?
    Yang penting dalam masalah ini, jika anda mengikuti metode “membaca segala sesuatu”, kadang anda membaca bab-bab atau tulisan yang banyak dimana sebenarnya tidak diperlukan untuk dibaca. Pilihlah bagian yang penting saja dari buku, yang menarik perhatian anda, dan yang sesuai dengan keterangan dan manfaat yang anda cari. Dan jadilah orang yang bisa memilih dalam membaca. 

5. Ujilah kondisi jiwa dan pembawaan anda sebelum memulai membaca. 
   Kondisi jiwa dan pembawaan sangat penting sebelum memulai membaca di waktu-waktu tertentu. Ketika kondisi jiwa sedang jernih, tidak jenuh,  maka anda dapat membaca buku-buku berbobot yang memerlukan konsentrasi yang tinggi. Jika anda merasa jenuh dan lelah maka pilihlah buku-buku yang mudah dan ringan yang sesuai dimana tidak membutuhkan keseriusan dalam membaca.
6. Buat skala prioritas dalam membaca. 
    Jadikan kegiatan membaca anda sesuai dengan skala prioritas. Jika anda berniat mengarang sebuah buku, karya ilmiah, makalah, maka bacaan anda harus sesuai dengan judul yang anda niatkan. Ini adalah nasehat yang sangat penting bagi siapa saja yang ingin meneruskan membaca. Yaitu dengan menjadikan tujuan membaca bisa menghasilkan pemikiran, argumentasi dan imajinasi baru. Kadang anda menenukan sesuatu yang baru dari apa yang dibaca. Hal itu bisa didapat dari penulisan buku, karya ilmiyah dan makalah. Yang demikian ini –dari fakta penelitian dan pengalaman kebanyakan orang- dapat mendorong kita untuk meneruskan membaca dan itu merupakan faktor pendorong yang paling penting dalam membaca.
7. Perbaiki, atur dan siapkan tempat anda membaca.
Anda akan membaca dan memahami dengan sebaik-baik keadaan, apabila tempat anda membaca teratur dan siap dengan keadaan yang dapat membantuanda membaca. Kenyamanan anda ketika duduk merupakan faktor penting untuk meneruskan membaca.

8. Jika anda telah memulai membaca jangan berhenti. 
    Bacalah langsung, jangan berhenti kecuali ada sebab darurat dan terpaksa harus berhenti. Jika anda telah selesai membaca dan anda memiliki beberapa pertanyaan, ulangi sekali lagi secara detail untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang terlintas dalam benakanda atau mencari jawaban di buku-buku lain. Jika anda tidak memiliki pertanyaan, maka sebenarnya anda telah mendapatkan apa yang anda perlukan. Pertanyaan merupakan pintu kebaikan yang besar bagi siapa saja yang menginginkan perkembangan yang terus-menerus pada kepribadian, pembentukan pola pikir dan jiwa kepepimpinannya. Karena ada pepatah mengatakan bahwa barangsiapa yang memiliki informasi maka dia seakan-akan memiliki sepotong emas dan barangsiapa yang memiliki manhaj (metode) seakan-akan dia memiliki tambang emas.
9. Konsentrasilah 
    Ingatlah baik-baik bahwa anda sedang membaca dan anda memiliki tujuan dari membaca. Untuk itu anda harus konsentrasi dalam materi yang dibaca. Jika anda kehilangan konsentrasi dan perhatian setelah membaca maka istirahatlah sejenak atau anda bisa membaca buku lain.
10. Bertahaplah dan biasakan. 
    Sesungguhnya seorang pembaca besar tidak dilahirkan di antara siang dan malam dan mereka melihat diri mereka sebagai seorang pembaca yang besar. Tetapi mereka kerja keras dan mencari sebab belajar dari kesalahan mereka baik dalam memilih buku atau metode membaca. Memahami dan mengerti pelajaran dari sela-sela penelitian, pengalaman dan kebiasaan.

     Dari semua penjelasan itu ketahuilah bahwa membaca sangatlah banyak manfaatnya bagi kita. Marilah sobat kita mulai membaca.

Sumber:
1.  id.shvoong.com/social-sciences/education/1892969-gemar-membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar dan saran-saran yang membangun.
untuk menjadi bahan pembelajaran lebih baik.